Wisata Pantai di Bangka

Pantai Matras



Pantai Matras amat indah dan landai. Di pantai ini, pengunjung akan menemukan pemandangan pasir putih nan halus bagai mutiara dan pemandangan alam yang mempesona. Hamparan pasir menyatu dengan bebatuan indah di sekitarnya. Panjang pantai ini mencapai 3 km dan lebar 20-30 m yang dilatarbelakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai yang jernih dari daratan menuju laut. Oleh karena keelokan pemandangan dan suasananya, pengunjung sering menyebut pantai ini sebagai “Pantai Surga”. Di antara pantai-pantai indah yang ada di Bangka Belitung, pantai ini merupakan yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik oleh masyarakat Bangka sendiri ataupun wisatawan luar daerah dan mancanegara.

Keistimewaan

Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang halus, nyiur yang melambai-lambai, dan aliran sungai alami. Keistimewaan lain, lokasinya yang nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada para pengunjung untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati keindahan suasana pantai.



Pantai Teluk Uber



Pantai Teluk Uber belum setenar pantai-pantai lain di daerah Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai yang terletak di lekukan yang menjorok ke daratan ini masih asli karena belum banyak diotak-atik untuk keperluan program pariwisata. Unsur-unsur pantai seluas 25 hektar itu belum banyak mendapatkan sentuhan tangan manusia. Di sekitar pantai ini dipenuhi hamparan pasir putih yang luas, bebatuan yang membentuk lekukan indah khas bebatuan pantai, pepohonan yang tumbuh liar mengayomi bebatuan dan melambai-melambai ombak, dan semak belukar yang tumbuh secara alami memberikan suasana liar tapi nyaman.

Keistimewaan

Keistimewaan Pantai Teluk Uber adalah suasananya yang masih sepi dan pesona alam yang masih perawan. Pengunjung bisa bersantai di hamparan pasir atau berenang dengan tenang, tanpa diganggu hiruk-pikuk keramaian kota. Pada pagi hari, pemandangan Pantai Teluk Uber terasa lebih elok. Matahari terbit dari tengah laut dan melimpahkan sinarnya yang hangat ke arah pantai. Di tengah terang cahaya, laut terlihat jernih, berwarna biru kehijauan, kontras dengan hamparan pasir yang putih bersih. Keindahan ini terasa lebih sempurna lagi dengan puluhan perahu nelayan pemburu udang yang terlihat terombang-ambing di tengah laut. Pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai-santai di atas batu, di akar pohon, atau di saung-saung kecil yang terbuat dari kayu sambil bercakap dan bersenda-gurau.


Pantai Tanjung Tinggi




 Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai pasir putih yang menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Belitung. Pantai ini letaknya sekitar 31 km dari Tanjung Pandan, Ibu kota Kabupaten Belitung, dan meliputi area seluas kurang lebih 80 hektar. Pasir putih dan air laut yang jernih dengan warna biru kehijau-hijauan yang dimiliki pantai ini, membuatnya tampak bersih dan semakin menambah pesonannya.

Pantai ini memiliki lebar 5 m pada saat pasang tertinggi dan 8 m pada saat pasang terendah. Lebar pantai seperti ini, dan dengan ombak yang tidak terlalu besar, sangat memungkinkan pengunjung untuk leluasa berenang di pantai. Namun, pengunjung harus berhati-hati, karena terkadang ada ubur-ubur yang dapat menyengat para pengunjung.

Keistimewaan

Keistimewaan dari Pantai Tanjung Tinggi adalah batu-batu karangnya yang besar. Batu-batu karang ini, beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Anda dapat mencoba naik ke atas batu-batu karang ini, berpindah dari satu batu ke batu yang lain, untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda-beda dari tiap sudut tempat Anda berdiri. Bentuk batu-batu besar ini pun tak kalah unik, sebagian di antaranya ada yang membentuk gua yang dapat digunakan untuk berteduh jika hujan tiba. Di atas batu-batu karang yang besar, pengunjung dapat duduk-duduk santai, seraya menunggu matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam, Pantai Tanjung Tinggi akan memancarkan pesona kecantikannya yang luar biasa.


Batu-batu karang di Pantai Tanjung Tinggi

Selain dapat menikmati pemandangannya yang indah, pengunjung pun dapat melakukan beragam permainan air di pantai ini. Pengunjung dapat memancing, bermain jet ski, dan menyelam. Pengunjung yang mencoba menyelam di pantai ini, akan menemukan terumbu karang dengan beragam bentuk dan warnanya. Di sela-sela terumbu karang, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan unik, yang menjadikan terumbu karang ini sebagai rumahnya.

Lelah bermain di pantai dan merasa lapar, pengunjung dapat menyambangi warung-warung makan di pinggir pantai. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam makanan laut, hasil olahan penduduk sekitar Pantai Tanjung Tinggi. Salah satu masakan khas Belitung yang dapat dinikmati di pantai ini adalah Gangan. Gangan merupakan sejenis sayur berwarna kuning (karena menggunakan kunyit sebagai bumbu utama), yang dimasak bersama kepala ikan. Masakan ini memiliki rasa asam dan pedas, yang didapat dari nanas muda yang dimasak bersama kepala ikan. Selain Gangan, pengunjung juga dapat memesakan masakan khas lainnya seperti cumi pedas manis, ataupun ikan panggang Ilak.




 Pantai Parai Tenggiri

 Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang terletak di Sungailiat, sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Pantai ini cukup landai dan memiliki ombak yang lembut. Kondisi pantai yang seperti ini, sangat memungkinkan para wisatawan untuk berenang dan bermain air di sepanjang bibir pantai. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang hijau, semakin menambah nilai kecantikan pantai ini.


Parai Tenggiri merupakan pantai paling populer dan eksklusif di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak lagi dikelola oleh pemerintah, melainkan ditangani secara profesional oleh pihak swasta. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort. Karena, pengelola tempat wisata ini memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan, dengan cara selalu berusaha mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, dan menanam banyak pohon di lokasi wisata ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Wisata Pantai di Bangka"

Posting Komentar